Kamis, 19 Juli 2012

SEPOTONG CERITA DARI BOGOR DEPOK JAKARTA PART 1


Sahabat ini adalah kisah liburan uas yang penuh kenekatan dan minim pesiapan, berawal dari sebuah mimpi keliling dunia…insya Allah amin…datang sebuah kabar beberapa sahabat TMUA pergi ke bogor jawa barat..saya merasa tidak terima karena ditinggal padahal sudah ada rencana tahun ini pergi ke jawa barat entah kota apa yang penting jawa barat..kala itu aku masih dikampung halaman tercinta karena habis mondok dirumah sakit gara-gara pendarahan habis cabut gigi..darah sudah mampat, kondisi fisik sudah lumayan mantap, kembalilah aku ke jogja. sampai dijogja..waktu itu pas maghrib terdengan kabar si lanjar sama ishar baru berangkat ke bogor
“waduh …malah ninggal” dalam hati
Dalam benak ku ” enggak papalah insya Allah tahun depan bisa ke jawa barat, semoga masih di beri waktu”.
Waktu berjalan,malamnya aku sms lanjar
“assalamu’alaikm.jajal ke bogor ra ajak-ajak {bahasa Indonesianya: assalamu’alaikum coba ke bogor tidsk ajak-ajak}
Si lanjar balas sms ” wa’alaikumsalam. Lah wong rika pulang kampungnya kesuen..kalau mau ayo nyusul ( bahasa indonesianya ” wa’alaikumsalam lah orang kamu pulang kampunya kelamaan, kalau mau ayo nyusul)”
“oke” tanpa mikir panjang
Paginya aku jalan-jalan ke fakultas`ekonomi mau liat bedah buku “ cinta suci zahrana” karangannya abiburahman..eh nyeselnya malah pengisinya tidak  bisa datang gara-gara  tidak dapat tiket untuk kembali ke Jakarta..ya akhirnya diganti pembicaranya dari FLP (forum lingkar pena)…nah pulangnya aku sama billah (nama orang) coba cari tiket untuk ke bogor..eh malah semua tiket kereta sama bus pada habis..yah pupuslah sudah harapan ke bogor, kecewa…
Malamnya mumpung tidsk ada kegiatan di masjidi..aku jalan-jalan ke kota…di tengah jalan, disms sama si lanjar
“ assalmu’alaikum mas jadi nyusul enggak?”
aku jawab ” wa’alaikumsalam. Enggak jadi njar tiketnya habis”
“ masih mas, tadi aku sms bapak yang diloket, katanya bisa nyari, besok jam !0 ada yang ke bogor” si lanjar maksa
Simgkat cerita, walaupun sempat bolak-balik ke terminal jombor sampai 3 kali gara-gara salah tiket akhirnya dapat tiket juga ke bogor…” Alhamdulillah”
Rencana berangkat  jam 5 tapi biasalah Indonesia banget..ibarat kata jam di Indonesia itu kaya permen karet alias molor.. molornya tidak tanggung-tanggung sampai 2 jam..akhirnya berangkatlah saya jam 7 tujuan bogor..oh ya sebenarnya bus cuma sampai di Cibinong..tapi tidsk apalah kayaknya dekat sama bogor..berangkat mendadak tanpa persiapan cuma bawa baju tiga,celana tiga,dan uang 400 ribu dan sudah terkuras 135 ribu buat bayar bus, keluarah saya dari wilayah Jogjakarta…hahaha
“hah..lega juga akhirnya berangkat juga”
Mas-mas,,mbak-mbak..yang perlu sahabat semua tahu ini pertama kalinya perjalanan jauh saya jalan sendiri naik bus dan tidak tahu jalan sama sekali…ibarat kata ini adalah perjalan bermodal “bismillah”
Sobat ada sebuah cerita saat perjalan…naik bus pariwisata karya jasa, busnya lumayanlah ada ACnya..aku duduk paling depan, kursi nomer satu tepatnya. aKu liat sekeliling kursi sudah hampir terisi semua. aKu coba melihat kearah kiri, diluarsana terlihat sepasang wanita muda, putih, berkerudung warna krem sedang melepas kepergian kekasihnya. Mulai mereka berbincang sang wanita mencium tangan kekasihnya dan mereka saling berciuman, cium pipi kanan pipi kiri..waduh malah jadi pengin nikah. Sebuah harapan semoga mereka sepasang suami istri, tapi kalau diliat-liat kaya suami istri si
Akupun berpaling dari pandangan ini..mencoba melihat kearah sekitar, pemdengaranku tertuju kepada suara tangisan seorang wanita, cukup lama wanita ini menangis. Entah kenapa penyebabnya dia menagis akupun tidak berani untuk menanyakannya…dan selang beberapa menit bus ini akhirnya berangkat juga..perjalanan mulus lancer hingga pada pemberhentian pertama di Kota Kebumen..satuhal yang paling malas ketika berhenti di tempat peristirahatan adalah harga makanan yang mahal..karena lapar terpaksa beli mie rebus..berapa harganya coba?? Enam ribu..waduh ini bisa buat makan dua kali..sedikit lagi isinya..tapi lumayan buat ganjal perut..
Perut sudah terisi..siap untuk melanjutkan perjalanan..kali ini jalan macet..keadaan seperti ini enaknya tidur…nah…sobat bangun-bangun ternyata sudah subuh..”bingung” bus tidak berhenti akhirnya aku putuskan shalat dibus.walaupun ada yang mengatakan tidak sah karena tidak memenuhi rukun shalat yaitu menghadap kiblat..tapi gimana to? Dari pada tidak shalat..bandungpun terlewati..sekarang  lewat jalan tol..sekitar jam 9 kita sarapan..alhamdulillah masih da sepotong roti, lumayan buat isi perut..roti aku makan sebagian sisanya buat makan siang..hehehe..singkat cerita ternyata ada beberapa penumpang yang kecewa terutama orang yang turun di Jakarta, karena rutenya muter..samapai ke cibinong dulu baru ke Jakarta..waduh pada marah si penumpang..alhamdulillah sampai dicibinong sekitar jam !0..aku lagsung sms si lanjar
“assalamu’alaikum. Njar dah sampai di jalan raya bogor km 43” lama aku nuggu balasan, sambil jalan cari masjid..satu buah tips andalan ketika berpergian ke daerah asing kalau mau tanya-tanya pergiah ke masjid..insya Allah infonya terpercaya, dijamintidak ada penipuan…jalan kaki sudah terasa 2 kilo padahal baru satu kilo..nggguuuttt nguuuttt terasa getran hp..da sms dari lanjar
“wa’alaikumsalam. Mas ke bandara baranang siang biar dekat jemputnya”
Waduh kirain mau di jemput disini..terasa kaki sudah pegal-pegal tidak menemukan masjid..aku akhirnya naik angkot..
“bang bogor bang?” sisupir ngangguk
Jalanlah kita menuju bogor..ternya bogornya jauh, tidak kebayang kalau tadi jalan kaki terus..kirain dekat..tidak tau dimana..namyalah ke sisopir
“bang ini sampai baranag siang enggak bang?
“enggak mas, Cuma sampai……( lupa nama, abis susah namanya)”
Selang beberapa lama saya di oper sama si sopir suruh naik angkot yang warna hijau..muter-muter tidak tau arah akhirnya terlihat tulisan diseberang jalan “TERMINAL BARANANG SIANG” Alhamdulillah sampai..
“njar dah sampai diterminal baranang siang”
“ya tunggu, ntar di jemput. Mas nunggu dimana”
“aku tunggu di masjid raya” ternya terminalnya dekat dengan masjid raya bogor..lumayan bisa mandi gratis..sampai di masjid pas mau shalat dzuhur, shalatlah aku, terus baca Qur’an bentar..sambil nunggu jemputan…muter-muter cari stop kontak akhirnya dapat di sebelah mihrab..sambil ngecas, baringan sebentar sambil melepas lelah.saking capeknya tidak sampai 2 menit mataku langsung terpejam…
“mas mas mas” terdengar suara laki-laki memanggil, kayaknya  aku tidak boleh tidur disini sama takmiirnya (dalam hati)..kubuka mata..ternya lanjar yang bangunkan aku..kirain takmir masjid ini.
.
Alhamdulillah lanjar, ishar dan ijang( adilnya oshar) sudah sampai dimasjid. Tanpa lama kita langsung makan ( sudah lapar banget) dan lanjut jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor..mantap sudah..ni foto-fotonya











Sudah puas jalan=jalan di kebun..sudah cepak banget habis perjalanan 15 jam belum istirahat..pulanglah kita ke kosnya ijang..sebelumnya kita sempat mampir le mall, katanya mau beli baju..tapi aku pikir salah kalau mau beli baju di mall, karena mahal-mahal. Untuk kelas kita-kita pasar kayaknya lebuh cocok..hehehe
Waktu hampir maghrib kita sudah sampai di kampusnya ijang Akademi Kimia Analisis namanya..dan yang mengejutkan ternyata di sini banyak akhwatnya, cantik-cantik lagi..astaghfirullah kayaknya betah hidup disini.hehehe..kebetulan mereka habis syuro jadi pada ngumpul-ngumpul..
Lanjut,,,habis beli makanan..pulanglah kita ke kosnya ijang..tidak lama langsung sampai..ternyata kosnya didepan masjid persis..dan sebelum benar-benar berhenti motornya kita sempat bertemu sama bapak-bapak aneh..
Si bapak misterius “mas mas sudah lapor belum?..heh mas” agak keras
Aku bingung baru datang bapaknya nanya seperti itu, kayak marah-marah lagi.. ternyata setelah diusut-usut warga asing yang menginap didaerah itu wajib lapor ke pak RT, dan ishar sama lanjar yang sudah dua hari nginap belum lapor-lapor…sialnya bapak tadi cerewet banget..setiap ketemu ditanya sudah lapor belum sudah lapor belum..
Yang perlu sahabat tahu dibogor ya Allah panas banget..biasa di tidur di lereng gunung merapi, pantes tidak kuat tidur di kamar..saya langsung pindah ke sofa ruang tengah..alahamdulillah bisa melepas lelah…dan syukur yang teramat banyak kali ini dapat menginjakkan kaki di kota Bogor..
To be continue…




0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Al Mulk - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz