Senin, 16 Juli 2012

Kunjungan Pondok Pesantren Al Hikmah dan Penelusuran Gua Pindul

Tanggal 24 juni 2012 Takmir Masjid Ulil Albab bersama Mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia melaksanakan rihlah menuju kota Wonosari. Tempat yang dikunjungi antara lain adalah Pondok Pesantren Al Hikmah dan tempat wisata Gua Pindul. Kunjungan pertama menuju Pondok Pesantren Al Hikmah yang di asuh oleh Ustadz Harun Al Rosyid. Kegiatan yang dilakukan berupa diskusi interaktif dengan ketiga belah pihak dan beberapaa nasihat yang diberikan oleh Ustadz Harun Al Rosyid. Hal yang menarik adalah disaat terjadi pertukaran informasi dari pihak Mahasiswa Universitas Islam Malaysia dan Pondok Pesantren Al Hikmah. Ada beberapa perbedaan antara pondok-pondok pesantren di Malaysia dengan pondok-pondok pesantren di Indonesia, kususnya adalah Pondok Pesantren Al Hikmah. Salah satu pernyataan yang menarik dari mahasiswa Malaysia menyebutkan bahwa pondok pesantren di Malaysia kebanyakan dibiayai oleh pemerintah dan ketika pemerintah sudah tidak membiayai maka pondok pesantren tersebut tidak akan bisa berdiri dalam jangka waktu yang lama. Kondisi tersebut berbeda dengan Pondok Pesantren Al Hikmah, pondok ini seluruh kegiatan dari awal masuk sampai lulus tidak dibiayai oleh pemerintah tetapi biaya pondok sendiri. Kondisi ini terjadi karena ada sebuah keyakinan oleh pimpinan pondok bahwa setiap santri membawa rizkinya masing-masing yang sudah dijatah Allah SWT walaupun rizki tersebut tidak selalu dari santri tetapi melalui Ustadz Harun atau orang-orang yang menginfakkannya uangnya. Hal inilah yang meyakinkan Ustadz Harun Al Rosyid sehingga Pondok Pesantren Al Hikmah bisa berdiri sampai saat ini dengan jumlah santri lebih dari 500 orang.

\
FOTO BERSAMA USTADZ HARUN AL ROSYID

 Kunjungan berikutnya adalah menuju Gua Pindul. Untuk munyusuri gua ini deperlukan pelampung, karena sepanjang gua dialiri sungai dengan kedalaman satu hingga 8 meter. Gua Pindul merupakan gua yang tidak terlalu panjang karena kita hanya menikmati keindahan stalaktit stalakmid dan juga satwa kelelawar, cukup dengan waktu tidak lebih dari satu jam. Sebelum berangkat menyusuri gua, kami memakai perlengkapan yang disediakan antara lain adalah sepatu, pelampung dan ban. Didalam gua ini terdapat bermacam-macam setalaktit dan setalakmid yang subhanallah indah sekali. Selain itu hidup satwa kelelwar yang bergelantungan diatap-atap gua. Gua ini dibagi menjadi tiga zona yaitu zona terang, zona remang-remang dan zona gelap. Seperti biasa kalau tidak membuat kehebohan buakan TMUA namanya, di lokasi ini kami sempat membuat kesal pemandu wisata karena kami terlalu lama bermain dan berfotoria di lokasi..sampai-sampai dua rombongan menyusul kita dan mendahului kita..wkwkw jos TMUA. Seusai kunjungan ke Gua Pindul maka usai pula rihlah pada kesempatan ini. Ada banyak manfaat dan pengalaman yang dapat diambil dari hasil kegiatan kerjasama antara masjid Takmir masji Ulil Albab dan Mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia ini. Selain menanbah pengetahuan mengenai Pondok Pesantren, yang paling terpenting dari kegiatan ini adalah semakin eratnya ukhuwah islamiah antara Takmir Masjid Ulil Albab dan Mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia. Kemudian tidak kalah penting pula ukhuwah islamiah dengan Pondok Pesantren Al Hikmah.















Ehhh satu lagi sobat..pulangnya Alhamdulillah pas lagi lapar-laparnya kita diundang kekediaman dr. Agus Taufikurrahman Sp,S….inilah yang kita tunggu-tunggu…”teng teng teng” alias makan-makan..mantap sudah…alhamdulillah berjuta-juta syukur hari benar-benar luar biasa.,dan tak terasa matahari sudah mau tenggelam akhirnya kita melanjutkan perjalanan pulang menuju asrama tercinta..sampai jumpa lagi sobat di petualangan berikutnya
.
.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Al Mulk - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz